Sat. Apr 17th, 2021

Sabtu, 23 Januari 2021, Badan Penjaminan Mutu Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan “Sosialisasi Pelaksanaan AMI pada Satuan Kerja di lingkungan UNIDA Gontor. Acara ini digelar di Hall Senat Lt.2 Gedung Terpadu, yang dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A, dan Wakil Rektor 3, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. Dalam sambutannya, Bapak WR 3 menyampaikan, pelaksanaan SPMI tahun ini supaya ditingkatkan kualitasnya, baik pada pelaksanaannya, maupun pada pengaruhnya pada penataan/kesehatan organisasi, sehingga temuan-temuan AMI nantinya benar-benar bisa digunakan untuk peningkatan mutu.

Pada kesempatan ini Ketua BPM, Dr. Mohammad Muslih, MA. menyampaikan “Program Pengembangan Budaya Mutu Universitas Darussalam Gontor dan Posisi Satuan Kerja di lingungan Unida Gontor”. Beliau juga menyampaikan bahwa, dengan diselenggarakan AMI Unit kerja ini, berarti AMI telah dilakukan tidak hanya pada prodi dan UPPS, tetapi juga pada aspek pengelolaan di tingkat Satuan Kerja. Dan, ke depan akan diperluas jangkauannya hingga ke pusat studi, dan unit kerja lainnya.

Selanjutnya terkait Sosialisasi Pelaksanaan AMI Satuan Kerja disampaikan oleh Ust. Taufiqurrahman, M.T selaku Kepala Bidang SPMI Universitas Darussalam Gontor. Acara tersebut diikuti oleh Ketua dan staf dari 11 Satuan Kerja, dan 33 orang Auditor, yang ditugaskan untuk melakukan audit.

Sasaran dan Target AMI Satuan Kerja Tahun 2020/2021 ini:

Sasaran: 11 Lembaga di tingkat Universitas, yaitu LPPM, BPM, BAAK, BAUK, Biro Kerjasama, Direktorat Islamisasi, Direktorat Kepengasuhan, Direktorat Pengembangan Bahasa, PPTIK, Sekretariat Universitas, dan UPT Perpustakaan.

Target: AMI pada bidang non akademik, akan ditekankan pada dua hal yaitu Kesehatan organisasi dan Capaian kinerja.

AMI kali ini akan berfokus pada kelengkapan dokumen dasar, yaitu:

1). Profil singkat [terutama VMTS], 2). SK pendirian [atau SK personalia], 3). ORTALA [Struktur Organisasi dan job deskrisipnya], 4). SOP yang dimiliki terkait penyelenggaraan dan pelayanan, 5). Performen system informasi yang dimiliki, 6). Keberadaan renstra atau program kerja [atau sebutan lainnya], 7). Dokumen-dokumen yang menunjukkan capaian kinerja, dan dokumen hasil rapat evaluasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.